Rabu, 21 November 2012

Asa Pengetahuan Sambil Bermain

Belajar Sambil Bermain SMP NU 1 Gresik, 17 November 2012 Belajar tidak hanya di dalam ruangan kelas saja. Belajar bisa di mana saja. Kali ini dilakukan oleh parasiswa yang berada di 300 m dari pasar Gresik. Tujuan ke Taman WIsata Jatim Park 1 Batu Malang merupakan satu pilihan dari banyak tempat belajar. Kegiatan ini diikuti oleh kelas 8 A dan B dan para pembimbing. Kegiatan ini bertujuan menambah pengetahuan tentang adat budaya dan ilmu pengetahuan Fisika. Para siswa begitu antusias dan semangat mengisi Lembar Kegiatan. Tugas ini gabungan pelajaran Bahasa Indonesia KD menyusun laporan dan mata pelajaran Fisika dan Sejarah. Parasiswa yang dibentuk kelompok terlihat bersemangat mencari dan mengisi lembar kerja.
Perjalanan menuju ke dalam Jatim Park harus melewati rute sebagai berikut, Pintu masuk ditandai dengan pemasangan gelang tiket dan penggeledahan tas. Suasana semakin menarik ketika menuju pada galeri adat nusantara. Di sisni siswa diajak untuk membuka cakrawala tentang kebesaran dan keanekaragaman budaya nusantara dari sabang sampai merauke. Perjalan dilanjutkan ke galeri Biologi dan akhirnya pada galeri Fisika. Di tempat inilah para siswa dalam kelompoknya bekerjasama, berdiskusi untuk mencari jawaban soal dari lembar kerja.
Pengetahuan para siswa semakin tertantang saat siswa berada di sanggar belajar. DI sini para siswa diberikan materi lain dengan cara demo. Seperti materi tentang berat jenis antara air, alkohol, dan minyak. Pembelajaran yang menyenangkan dan menggali potensi diri siswa. Begitu juga pada pada materi hampa udara yang dihubungkan dengan nyala api dan keberadaan suara.
Water park dan kolam renang menjadi tempat yang favorit. Setelah menghabiskan waktu dan konsentrasi penuh mengisi Lembar Kerja, para siswa meluapkan kegembiraannya di kolam renang. Berenang, dan bermain seluncur yang mengyuji adrenali. Mereka asyik bermain seakan melupakan waktu. Sampai pada akhirnya mereka kelahan. Kedinginan membuat terasa lapar. Lahap dan suwedap meraka menyantap makanan yang dipesan. Waktu terus berjalan, cuaca Batu yang tidak lepas dari hujan dan mendung terasa sudah petang. Memang waktu menunjukkan pukul 16.00 waktu bagian Batu. Meraka pun diaharapkan segera kembali ke Bus untuk segera pulang. Hore…..senang….Selamat tinggal Jatim Park 1, dan sampai bertemua lagi di tempat belajar lainnya. Dion72

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com