Selasa, 02 Maret 2010

Model Permainan Cara Memotivasi

JENIS PERMAINAN
DALAM MODEL PAKEM


2.GELOMBANG AIR LAUT
Setelah guru menjelaskan aturan main dan sanksi, permainan dimulai:
1.1 Siswa duduk di depan sebelah kanan berdiri secara bersama sebangku, tidak boleh terlabat atau mendahului satu sama lain dalam sebangku dengan berkata (kata yang berhubungan materi atau penyemangat);
1.2. Disusul teman sebangku yang berada di belakang dilakukan setelah teman di depan berdiri juga harus bersama-sama( kalau mendahului atau terlambat baik sebanku atau dengan bangku yang lain akan dikenai sanksi);
1.3. Begitu seterusnya, pada deret/ kelompok bangku berikutnya dari belakang, maka yang giliran di depan harus menoleh sedikit(90 *) juga harus bersama-sama;
1.4. Sampai pada bangku paling terakhir.
1.5. Refleksi
Jelanya pada gambar:


Keterangan :
2.Start/Finish dapat di atur/variatif
3.Aturan harus jelas dan ditaati
4.Lakukan dengan semangat

2.TIMBANGAN
Setelah guru menjelaskan aturan main dan sanksi, membentuk kelompok dinamkan RT 1 – 4 atau nama lain, permainan dimulai:
Komando dari guru atau siswa yang ditujuk
2.1 Aba-aba (1): berarti RT 1 berdiri dengan cepat, kompak dan berkata jelas(kata-kata harus ada hub. Materi, maka harus disepakati kelompok)
2.2 Dialnjutkan dengan aba-aba ke RT lain bergantian.
2.3 Seterusnya sampai dirasa cukup dan tujuan tercapai yaitu konsentrasi siswa tercapai.
2.4Atur an main harus tegan dan dilaksanakan. Karena dalam bentuk kelompok besar maka sanksi pun satu kelompok, dengan demikian teman sebangku pasti beban dan harus bertanggung jawab.
2.5 Refleksi

Lebih Jelasnya pada skema berikut :

3.GAJAH DAN SEMUT
Setelah guru menjelaskan aturan main dan sanksi, siswa mengikuti petunjuk aba-aba berikut:
Tahap I:
Gajah: Besar(diucapkan) diikuti gerakan kedua tangan membentang lebar gambaran gajah besar
Semut: kecil(diucapkan) diikuti menunjukkan dengan jari kelingking diajungkan

Tahap II:
Gajah: Kecil(diucapkan) gerakan berlawanan pada tahab I, diikuti menunjukkan dengan jari kelingking diajungkan
Semut: Besar(diucapkan) diikuti gerakan kedua tangan membentang lebar gam,baran gajah besar

Tahap III:
Gajah: Besar(diucapkan) gerakan campuran tahap I dan II, diikuti menunjukkan dengan jari kelingking diajungkan
Semut: Kecil(diucapkan) diikuti gerakan kedua tangan membentang lebar gam,baran gajah besar
Dilanjutkan dengan permainan, sanksi harus dijalankan demi jalannya permainan untuk mengantarkan pada siswa konsentrasi dalam belajar.

4.Makna Sebuah Angkah
Guru menjelaskan tentang makna sebuag angkah:
1 = Berdiri, 2 = berkata "saya siap", 3 = Tepuk tangan 6 x(tergantung guru), 4 = Duduk dengan cepat, 5 = hentakkan kaki 3 x, dan seterusnya.
Permainan dimulai, guru betul-betul memandu dan memantau jalanya permainan dan aturan yang disepakati. Jadikan suasana senang penuh konsentrasidan tantangan baru.

5.Sebut Angkah/ Huruf cepat
Siswa bergantian menyebutkan angkag atau huruf setelah di tunjuk guru mulai menyebutkan dengan cepat dan tepat. Dalam permainan ini dituntut konsentrasi siswa. Start menyenbutkan angkah bergantian depan, belakang kanan- kiri depan kanan- kiri sampai dirasa cukup. Kegiatan ini dapat juga dipergunakan dalam membentuk kelompok diskusi/belajar.Refleksi.



Kreativitas Guru Membuat Proses Pembelajaran lebih bermakna

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com